Monday, 13 March 2017

Yuk Wisata ke Semarang

hallooo..
gak terasa ya sudah tengah bulan maret aja. kerjaan pasti makin banyak deh gak seperti awal tahun, pikiran pasti penat.. kalo udah kaya gitu biasanya kepikiran pengen jalan-jalan. apalagi pas lihat kalender eeeehhh adaa hari kejepit tanggal 28 Maret.. ☺
buibuuu..pakbapak.. rencanakan apa yaa jalan-jalan dari tangal 25 - 28 Maret, lumayan dapet 4 hari loh, cutinya cukup sehari aja pas tanggal 27.. hehehe

mak irit biasalah pengennya semua irit termasuk irit jatah cuti (maklum tahun ini cuma dapet jatah cuti 6 hari karena sisanya dipotong di cuti lebaran ><  #curhatberkepanjangan ) 
nah lanjuut.. secara tinggal di jakarta yg hiruk pikuk, kayanya enak kalo travelling ke tempat yang gak jauh-jauh amat, secara kantong terjangkau, dan tempat wisatanya oke.. 

setelah ditimbang-timbang, pilihannya adalah para ibu kota di pulau jawa, jadi bisa bandung, jogja, surabaya, atau semarang.. berdasarkan teliti dan pendapat, diperolehlah kesimpulan sebagai berikut:
- bandung... skip langsung, ini mah sama aja pulang kampung :p
- jogja... hmmmm.. udah lumayan sering juga.. skip ah
- surabaya.. udah ksana tahun kmrn.. skip
-SEMARANG! oiaaa belum pernah ke semarang... pengeeeen ^_^

okelah kalo gitu mesti mempelajari sedikit dulu tentang semarang sebelum beneran pergi kesana.. (semoga abis posting ini ada yang mau ngasih tiket plus penginapan ke semarang..amiiinnn (>_<) )

eh buibuu, selain aku ternyata banyak pelancong yang tidak menyadari bahwa wisata ke Semarang, ternyata identik dengan sejarah geografis. Sungguh ya, mungkin yang dipikirin hanyalah wisata kuliner.. ah namanya juga anak jaman sekarang :p

cus lanjut, Semarang, yang dulunya bernama Pragota, terletak di sekitar wilayah pesisir bernama Bergota. jadi, pelabuhan Semarang yang sekarang sudah berkembang, sebenarnya adalah hasil penyatuan gugusan pulau-pulau kecil akibat pengendapan yang membentuk daratan. Warga sekitar menyebut kawasan ini sebagai “Semarang Bawah”.

Munculnya istilah “Semarang Bawah”, terjadi bersamaan dengan tercetusnya istilah “Semarang Atas”. Pembeda kawasan ini adalah karakter iklim dan geografisnya.  Semarang Atas merupakan daerah dataran tinggi, yang berlokasi di bagian selatan Kota Semarang.

Apabila Semarang Bawah cenderung disibukkan dengan kegiatan bisnis dan pemerintahan, kawasan Semarang Atas jauh lebih lengang dan sejuk karena lanskapnya yang berbentuk perbukitan. Inilah alasan utama Semarang Atas dijadikan sebagai kawasan bermukim para pekerja Semarang Bawah.
Seiring perkembangan zaman, karakter iklim dan geografis di Semarang Atas mampu menciptakan minat wisata. Setelah sekian lama menjadi tempat tinggal untuk warganya, sekarang Semarang Atas juga menjadi kawasan berlibur bagi para pelancong.
nah kan makin mupeng pengen ke semarang, apalagi didukung hawa sejuk plus suasana perbukitan yang menyenangkan di mata.. hehehe

apalagi kalo ke semarangnya naik kereta api. jaman sekarang kereta api itu udah salah satu sarana bepergian yang paling enak dan nyaman serta terjangkau di kantong..  lebih enak lagi sekarang kalo mau cari tiket kereta api gak perlu antri di stasiun, tapi bisa beli langsung  secara online di Traveloka.

Kereta - Karspersky.com

Jika kita berangkat ke Semarang menggunakan kereta api, kita bisa memilih dua stasiun pemberhentian. Ada Semarang Poncol dan Stasiun Semarang Tawang.
Kemudahan pencarian dan pemesanan tiket kereta api di Traveloka sekarang didukung oleh ketersediaan aplikasi di Google Play. Hanya dengan mengunduh dan mengaksesnya melalui ponsel, kita sudah bisa merencanakan jadwal liburan yang menyenangkan.  so easy..
Jangan lupa untuk menentukan pilihan waktu pulang dan pergi, melalui kemudahan akses di Traveloka. Setelah sukses mendapatkan penawaran terbaik dari Traveloka, kita tinggal memilih objek wisata yang ingin dikunjungi. Pemilihan ini akan terasa lebih mudah, karena pertimbangan waktunya sudah diatur sesuai keinginan kita.. 
selain itu di traveloka kita juga bisa sekalian memilih hotel loh.. lengkap jadinya, tiket kereta, pesawat dan hotel.. pembayarannya juga mudah bisa pake kartu kredit, atm atau bayar di indomaret.. aah cinta deh sama traveloka..
jaman sekarang kalo ada yg gampang kenapa pilih yang susah ya, yuk cus ke traveloka ^_^


oke, lanjut lagi tentang Semarang yaaa... 

Rawa Pening - Objekwisata.com


mengingat karakteristik Semarang, yang terbagi menjadi Atas dan Bawah, berarti kita perlu mengelompokkan lima kecamatan di selatan Semarang sebagai patokan atau batasnya. Apabila dirangkum, 6 objek wisata berikut ini rasanya sangat sesuai untuk mewakili pengalaman liburan yang khas di Semarang.

Objek Wisata Terpopuler di Semarang

1.      Rawa Pening
Rawa Pening merupakan sebuah danau yang lokasinya berada di 4 kecamatan sekaligus. Objek wisata air seluas 2.670 hektare ini, bisa diakses dari Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyu Biru.
Selain populer sebagai penghasil tanaman eceng gondok, Rawa Pening juga menawarkan panorama pegunungan yang mengagumkan. Letaknya yang ada di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran, sangat mendukung kenikmatan menyaksikan keanggunan Gunung Merbabu.
oia, di rawa pening juga bisa menyewa perahu tradisional untuk berkeliling danau dengan biaya sekitar Rp15.000,00-Rp30.000,00, maka wisata sore di Semarang akan semakin istimewa.

tempatwisataindonesia.id
2.      Umbul Sidomukti
Sejuknya embusan angin dari Gunung Ungaran, menjadi tawaran paling menarik dari wisata ke Umbul Sidomukti. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, Umbul Sidomukti merupakan destinasi unggulan untuk berbagai aktivitas alam.
Terdapat sejumlah fasilitas yang bisa kita nikmati di sini, antara lain taman renang alam, marine bridgeoutbound trainingcamping ground, serta kuliner di ruang terbuka dan beragam pilihan penginapan. Duh, gak sabar deh pengen lihat Umbul Sidomukti. Oia, jika kita mau ke Umbul Sidomukti jangan lupa arahkan kendaraan kita ke arah Kecamatan Bandungan ya..

pic by @KotaLamaSMG
3.      Kawasan Kota Lama
Tapak tilas perkembangan kota Semarang bisa kita dapatkan dengan berkunjung ke kawasan Kota Lama. Puncak aktivitas di kawasan ini terjadi selama abad ke-18, di masa penjajahan Belanda. Maka dari itu, arsitektur bangunan di Kota Lama sangat khas dengan ciri bangunan-bangunan Eropa.
Selama berada di Little Netherland, kita bisa mengunjungi objek-objek bersejarah, seperti Gereja Blenduk, Jembatan Berok, Gedung Marabunta, dan Polder Air Tawang. jangan lupa untuk selfie dan mengabadikan kenangan disini yaa agar kenangan tapak tilas semakin sempurna..

pic by hellosemarang.com
4.      Menara Al Husna
Menara ini berada di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah, daerah Gayamsari. Arsitekturnya yang sangat indah, menjadikan Al Husna sebagai spot favorit untuk dikunjungi. Keramaian di Menara Al Husna akan menggeliat selepas ibadah salat Ashar.
Memiliki 19 lantai dalam bangunan setinggi 99 meter, Menara Al Husna biasa digunakan untuk menikmati pemandangan pusat kota. Dari gardu pandang, kita juga bisa melihat kesibukan aktivitas pantai utara di Pelabuhan Tanjung Mas.

5.      Pagoda Avalokitesvara
Pagoda Avalokitesvara berada di dalam kompleks Vihara Buddhagaya Watugong, Jalan Perintis Kemerdekaan. Bentuk dan warna bangunan yang mencolok, menjadi daya tarik utama kunjungan ke pagoda setinggi 45 meter ini.
Pada bagian dalam, pagoda berbentuk segi delapan dengan ukuran 15x15 meter. Di tingkat kedua sampai keenam, kita akan menemukan patung Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih) yang menghadap empat penjuru angin. kereen pastinya ^_^

6.      Hutan Wisata Tinjomoyo
Dengan luas sekitar 57 hektare, keindahan panorama dan keanekaragaman hayati di Hutan Wisata Tinjomoyo sangat sulit diabaikan. 
Area Hutan Tinjomoyo Semarang merupakan kombinasi perbukitan, sungai dan hutan jati serta pinus. Hutan Wisata Tinjomoyo, di Kecamatan Banyumanik ini, juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pusat aktivitas outdoor. Jadi, jangan sampai melewatkan combat gamebirds watcing, dan flying fox, ya.
gimanaa? menarik banget ya buibuuu? yuk ah cuuus ke semarang rame-rame kita..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...