Tuesday, 30 June 2015

tipe penumpang KRL

halloooo....

sebenernya mau posting tentang ini kemarin, tapi karena kesibukan jadi lupa dan baru keingetan lagi tadi malem karena mengalami hal yang sama seperti yang saya alami kemarin pagi. yaitu muka kejepit sama tangan orang. hadeuh.. KZL!

sebenernya, saya, sebagai pengguna lama KRL semenjak tahun 2014 (baru bentar kali mbak :P) udah maklum kalo pas bulan puasa, pengguna KRL itu ujug-ujug membludak ga tau knapa, plus ditambah kereta makin mendekati hari H lebaran makin sering ditahan-tahan, akibatnya masa yang terkumpul di KRL suka pada emosi tinggi. ga terkecuali perempuan maupun laki-laki, bapak-bapak atau ibu-ibu, mas-mas atau mbak-mbak, kalo adek2 sekolah sih jarang (mungkin karena jam yg mereka pakai berbeda dengan jam kerja kantoran ya).

wess, mau ambeg-ambegan sok, tapi sebelum ambeg, yuk kita lihat tipe-tipe penumpang KRL versi aku seperti di bawah ini, jangan-jangan kita termasuk salah satu diantaranya.. kalo masuk jangan marah ya jadiin bahan perenungan dan refleksi diri aja supaya jadi orang lebih baik lagi :D







TIPE PENUMPANG KRL :

  • TIPE PEMBURU KURSI



hayoooo siapaa yang masuk tipe ini.. aku sendiri kadang-kadang termasuk pemburu kursi, apalagi kalo lagi capek banget dan pengen banget duduk.. 
nah demi berburu kursi KRL ini, TIPE PEMBURU KURSI (selanjutnya disebuk TPK) biasanya rela loh menempuh jarak dan waktu dobel dibanding penumpang KRL biasa... 
contohnya : aku rela dari klender baru naik KRL Jurusan Bekasi trus dari Bekasi - Jakarta Kota, demi dapet duduk.. dengan jarak dan waktu tempuh dobel. kalo biasa naik KRL tanpa ditahan-tahan tuh cuma butuh waktu 40 menit sampe kantor, kalo aku jadi TPK ya bisa jadi satu jam lebih :p

yang jadi pe-er adalah kalo jadi TPK pas pulang kerja, dari stasiun Djuanda ke kota baru deh jakarta kota ke bekasi. ini bisa lebih dari 2 jam (karena ketahan di st.jakarta kota, st.gambir, st.manggarai plus st.jatinegara). dari tidur nyenyak, tidur ayam, sampe melek, sampe tidur lagi.. hahhah

  • TIPE SERUDUK ASAL MASUK
mau naik susah, mau turun apalagi :(

nah kalo TIPE SERUDUK ASAL MASUK (selanjutnya kita sebut TSAM) adalah penumpang KRL yang tau kalo KRLnya udah penuh tapi MAKSA kudu tetep masuk.. masuknya nyeruduk, nyempil, dorong, gigit aja yang engga pernah (kalo sampe ada yg gigit, asli bakalan gw gigit balik deh eh tapi kalo dia panuan gimana #lalugentar :p)

TSAM ini umumnya merupakan tipe penumpang KRL indonesia yang paling umum, mengingat KRL di indonesia cuma sedikit, jadi ya mau ga mau orang-orang akan melakukan TSAM karena semua orang perlu sampe kantor tepat waktu atau pengen cepet pulang ke rumah. :(
TSAM ini menurut aku ga akan parah-parah banget jika frekuensi kereta dan gerbong (khusus KRL Bekasi) ditambah. 


  • TIPE ORANG PALING SUSAH SEDUNIA
 TIPE ORANG PALING SUSAH SEDUNIA (selanjutnya disingkat TOPSS) ini terbagi menjadi 2 sub tipe (hahaha)
tipe TOPSS 1 adalah penumpang KRL yang biasanya masuk KRL biasa aja, tapi tiba-tiba kalo KRL penuh dia langsung merasa jadi orang paling susah, langsung mengucap doa-doa yang gak semua orang mau denger, langsung bertobat, udah gitu dikit-dikit menghela nafas mending kalo nafasnya wangi.. haduh! itu tipe  1.  

tipe TOPSS yang kedua biasanya bergender ibu-ibu nyinyir, masuk KRL dengan kalem, langsung mengedarkan pandangan, atau langsung berdiri di depan bapak-bapak yang lagi duduk dan bobok, trus gak pake tedeng aling-aling, bapak-bapaknya dibangunin disuruh bangun alesannya cuma 1 : bapak-bapak mesti ngalah sama ibu-ibu. haduh bu, kesian bapak2nya juga bu kalo digituin sih ><

TOPSS tipe 2 ini juga bisa engga secara langsung ngomong frontal, tapi bisa dengan cara nyodok lutut orang di depannya sesering mungkin. kalo ga nyodok mungkin injek dikit.. hadeuh!

jujur aja gw paling engga setuju sama TOPSS tipe 2 ini.. paling engga kalo mau duduk mintanya harus sopan dan alesannya jelas. nah karena ada TOPSS 2 ini, lahirnya tipe kebalikannya, yaitu TIPE PURA-PURA

  • TIPE PURA-PURA

TIPE PURA-PURA (selanjutnya kita sebut TPP) adalah kebalikan dari TOPSS 2, TPP ini biasanya suka PURA-PURA tidur nyenyaaak kalo udah punya bangku. serius! aku pernah denger juga seorang bilang sama temennya ngajakin buat pura-pura tidur biar engga dibangunin sama TOPSS 2.. 

TPP ini juga ada yg suka PURA-PURA sakit biar dapet duduk, ada juga yang suka PURA-PURA engga denger kalo diminta tolong biar posisi berdirinya enak, dengan alesan pake headset. kalo pake headset bagus sih oke wajar kalo engga kedengeran, nah kalo headsetnya murahan kan biasanya suaranya kedenger keluar, suara luar aja biasanya suka kedengeran, kalo ada yg begini sih dicolek aja dengan sopan, kalo masih engga denger juga tepuk pelan, kalo belun ngeh juga toyor ajah (hahaha jangan ah..dosa :P)


  • TIPE DOYAN PEGANGAN 

TIPE DOYAN PEGANGAN (selanjutnya kita sebut TDP) adalah tipe penumpang KRL yang selalu pegangan ke atas.. mending kalo pegangannya cuma satu tangan, ini pegangannya heboh, pake dua tangan, satu kemana satu lagi kemana engga peduli tangannya kena kepala orang apa engga yang penting buat TDP ini adalah satu PEGANGAN... TAKUT JATOH!
logikanya ketika TDP pegangan heboh ini adalah ganggu orang! banget! gw engga mau menjuruskan kepada salah satu gender sih cuma yang sering banget melakukan ini adalah bapak-bapak atau mas-mas tanggung.. 
kita-kita sebagai cewe engga harus diperlakukan bak ratu kalo di kereta loh, minimal TDP pegangan satu aja, ga perlu pegangan dua-dua sampe ngejepit muka orang, naro tangan di atas kepala orang cuma demi pegangan.. toh juga kalo kereta penuh gitu ga bakalan jatoh wong ketahan orang lain.. 

bertentangan dengan TDP, kita juga punya TIPE OGAH PEGANGAN


  • TIPE OGAH PEGANGAN

TIPE OGAH PEGANGAN alias TOP ini biasanya dilakukan oleh kaum hawa, entah itu ibu-ibu maupun mbak-mbak, dan adik-adik cewe.. TOP ini sama sekali engga mau pegangan, jadi mendingan miring-miring trus jatuh timpuk-timpukan daripada pegangan.. :(

pas disuruh pegangan nyautnya "pegang kemana?!" hadeuhhh! ke atas noh kan ada pegangannya -__-"

TOP ini paling sering atau paling ketara kalo kita lagi di gerbong khusus wanita.. kalo kereta miring, kereta ngerem mendadak langsung geser kiri kanan, cek ombak.. cek gelombang.. CAPEK nahannya!

aku jujur aja engga ngerti kenapa mereka sama sekali engga mau pegangan..karena aku walopun cewe ya kalo bisa pegangan yaa pegangan, kecuali ga bisa baru pasang kuda-kuda supaya badan stabil..  yang jelas jangan sampe cek ombak deh.. capek bo!!


  • TIPE PAGER BETIS


TIPE PAGER BETIS (alias TPB) adalah tipe penumpang KRL yang doyan berdiri deket pegangan pintu kereta tapi pas pintu kreta ngebuka dan ada penumpang yang mau turun biasanya TPB ini merapatkan barisan kaya pager betis, akibatnya orang mau turun susah!
tipe TPB ini engga perduli sama ibu2 hamil, lansia atau penyandang cacat yang kalo mau turun kereta tuh susah. makanya diciptakan pegangan pintu di kreta tuh buat memudahkan orang-orang naik dan turun kereta, lah ini malah sengaja dihalangin pegangan pintunya sama TPB.
cara mudah mengatasi TPB adalah : 
1. treakin suruh turun, kalo ga mempan
2. dorong sekuat tenaga, mau ga mau TPB ini turun juga..

tapiiii.. kalo kamu berada di 3 gerbong terakhir KRL Bekasi - JKT KOTA/Manggarai dan kebalikan, dan KRL berhenti di stasiun Klender, plis TPB ini jangan didorong, kalo jatoh kesian soalnya 3 gerbong terakhir KRL di stasiun klender ga dapet peron.. serem bo kalo jatoh ><


  • TIPE PENYEBAR VIRUS

TIPE PENYEBAR VIRUS (alias TPV) adalah penumpang KRL yang lagi sakit (flu biasanya) tapi ogah pake masker, trus bersin dan batuk engga ditutup mulutnya. engga sadar kalo bersin atau batuk bisa menyebar ke seluruh gerbong.. 
kalo kita udah pake masker pun belum tentu aman loh dari penyebaran virus TPV ini, karena konon katanya virus flu bisa masuk lewat selaput mata.. benar atau engga perlu dicek lagi (maap saya males ngecek, waktu itu nonton di tipi.. hihihi)



nah itu deh beberapa tipe penumpang KRL menurut saya.. ada yang masuk salah satu tipe? ayooo ngaku :D

selain tipe-tipe yang saya sebut di atas ada beberapa tipe lagi seperti yang banyak beredar di internet yaa.. googling aja kalo mau tau,  saya engga masukin kesini karena kalo dimasukin brarti saya menyontek, dan menyontek adalah haram bagi pelajar LOL


sumber gambar :
www.animalclipart.net, 
fisheadtackle.com, 
cartoonstock.com, 
app.griffith.edu.au, 
ww.kompas.com, 
tribunnews.com, 
news.detik.com



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...