Sunday, 28 June 2015

tentang baju olahraga



halloo...

siapaaa yang lagi doyaan olahragaa? saya sayaa.. hahaha nanya kok dijawab sendiri yaa? gak apa2 ya temen-temen, kan namanya semangat, semangat buat sehat pastinyaa..

nah, ternyata nih ya, baju olahraga yang pas itu sangaat sangaat membantu menaikan semangat olahraga lho, mau tau kenapa? baca teruuus ke bawah yaaa...

jadi, dulu sebelum aku rajin olahraga, engga pernah terpikir deh buat beli baju olahraga mahal-mahal, dulu mikirnya sayaaang uangnya.. kalo dibeliin bakso uang segitu bisa buat nraktir sekeluarga besar #lebay :p habis mau gimana lagi masa kaos tank top aja harganya minimal 300rban, blun lagi clana kolornya (celana pendek) sama juga harganya mulai dari 300rban, blun sport bra lebih najong lagi harganya.. bisa gope ke atas.. haduuh mahal, mending beli baju ke cimol, sepuluh ribu dapet 3 (jaman baheula, skrg mah ga dapet)

nah, tiba-tiba hati terketuk buat beli sport apparel yang bagus itu semenjak mulai fitness di tempat fitness ngehits di bilangan kelapa gading, mbak-mbak dan mas-mas yang dateng bajunya cakep.. aku yg cuma tau bahan kaos katun sama spandex aja sampe nganga-nganga liat kekecean mereka-mereka itu.. biar engga tengsin dimana smua orang udah melangkah ke era dri fit dan climacool tapi aku masih pake kaos polo aja, akhirnya barengan pak suami belanja baju olahraga..

inget banget waktu itu yang pertama dibeli adalah tank top nike dri fit skalian celana short nike juga, trus pas dipake emaaang beneran berbedaaa sama bahan katun biasa yaaa.. akhirnya ketagihan dan jadi rajin beli bajuu minimal sebulan satu, dan bisa tiap minggu satu.. ehehe

sebenernya yang bikin beda antara baju olahraga bermerk dengan baju olahraga biasanya, adalah bahan bajunya, seperti bahan dri fit dan climacool/climalite yang sangaat-sangat enak untuk dipakai berolahraga.

kenapa bahan dri fit dan climacool berbeda?

dri fit (dikeluarkan oleh Nike) dan climacool/climalite (dikeluarkan oleh adidas) pada prinsipnya adalah berasal dari polyester, sifatnya ringan dan bisaa cepet kering sehingga badan engga berkeringat berlebihan dan suhu badan tetap adem engga overheat, jadi kita engga gampang capek..

perbedaan dri fit dan climacool?

jujur aja aku engga terlalu tau perbedaan dari kedua bahan ini karena dua-duanya dari polyester. tapi kalo dari tekstur bahan mungkin agak berbeda, dimana dri fit bahannya lebih halus, dan kalo climacool lebih berpori (karena tujuannya biar badan bisa bernafas 360 derajat :D).

ketika dipakai aku sih engga merasakan perbedaan yang mencolok banget dari kedua bahan ini.. karena dua-duanya baguuuus, membuat tubuh bisa bernafas legaaa.. engga lengket..

tapi kalo dibandingkan bahan kaos katun biasa baru aku bisa bedain? kalo pake kaos biasa, keringet biasanya nempel di badan, nempel juga di bajunya, dan kalo kita engga cepet-cepet ganti bisa masuk angin, tapi kalo pake dri fit dan climacool ini engga, badan tetep kerasa dry and clean jadi engga perlu sering ganti baju, nanti aja pas beres baru ganti :p



oke lanjut lagi yaa...

untuk temen-temen yang mau beli baju olahraga, aku ada beberapa tipsnya nih :
  • beli yang paling kita butuhkan, kalo untuk wanita, menurutku yang paling utama harus dibeli adalah sport bra, yang bahannya enak, bisa mensupport "aset kita" dengan baik..
  • belilah baju olahraga ketika ada diskon, paling enak kalo diskonnya sampe 70% tapi ini langka banget, cukup diskon 20% atau 30% sebenernya udah lumayan. kenapa? karena kalo diskon 20-30 itu biasanya barang koleksi yang engga terlalu lama, nah kalo 70% itu koleksi lama banget, dan bisa juga agak2 cacat, makanya perlu diperhatikan baik-baik pas beli
  • kalo lagi pengen weightloss beli ukuran yang pas badan, biar ketauan bagian badan mana yang mau diperbaiki. kalo aku pilih yang ga pake lengan sperti tank top karena aku mau melatih bisep dan trisep.
  • percuma beli baju olahraga mahal kalo engga dipake, jadiin baju olahraga salah satu motivasi untuk rajin berolahraga :), kalo engga pede pake baju olahraga yang minim, pake untuk olahraga di rumah dulu biar badannya kebiasa, nanti kalo udah biasa pasti pede deh pake di tempat umum.

selanjutnya kalo udah punya baju olahraga yang baik, yang paling penting pasti perawatannya kan supaaya bisa tahan lama dipake, kuncinya cuma satu, cara mencuci. 

cara mencuci baju olahraga adalah sebagai berikut:
  • jika mencuci dengan tangan, jangan dikucek, pake deterjen secukupnya (atau sampo), gak usah pake softener atau pelembut
  • cuci dengan mesin cuci dengan suhu air yang engga terlalu panas, maksimal 40 derajat
  • gunakan mesin pengering dengan suhu rendah
  • cuci dengan pakaian yang sewarna biar engga kelunturan
  • setelah dicuci langsung dijemur ga perlu diperas dulu
  • jangan gunakan pemutih
  • jangan disetrika  ---> yes mendukung gerakan tanpa setrika kan?
kalo aku biasanya males nyuci pake tangan, jadi pake mesin cuci yg putarannya paling lembut (delicate).. dan sampe sekarang baju-baju olahragaku awet..


oke deh, semoga tips dari aku berguna yaa... nite xoxo






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...