Monday, 22 June 2015

moment of truth : ketika olahraga sama kaya pipis



hayooo, kapan terakhir olahragaa?

dulu, kalo ditanya gitu gw jawabnya pasti lamaa.. mikirnya lama, lama ingetnya soalnya hampir engga pernah olahraga.. eiiitss tapi itu dulu loh.. sekarang sih  udah bisa jawab pasti.. 
gw terakhir olahraga kemarin sabtu dan minggu.. yeaaay.. bisa sombong nih sekarang... :p

sebenernya olahraga itu adalah hal yang gampang.. hal yang paling susah adalah untuk memulaaaainya.. astagfiruloh kalo badan lagi ditempelin jin pemalesan, mau gerak dikit aja mager kan? apalagi kalo udah celentang di kasur, di posisi pw di bawah ac, trus di tipi acaranya lagi bagus, nah udah deh, kuping kaya dibisikin "udah celentang aja enak" "ambil cemilan sambil nonton lebih enak" abis nonton sambil nyemil trus dibisikin lagi "ngantuk kan? bobo yuk" dan dalem hati berniat buat oleh raga BESOK! yang mana BESOK diniatin BESOK lagi, gitu terus berulang.. bener-bener lingkaran setan deh.. huft

dan lingkaran setan itu gw lakukan terus-terusan selama hampir 29 tahun.. atulah.. makanya jangan tanya kenapa badan gw bengkak kaya gini.. 

in one moment gw sempet nyalahin obat-obatan hormon yang menurut gw bikin gw gendut.. sampe akhirnya gw sadar itu tahap denial aja.. denial gw gendut gara2 salah gw sendiri.. bodoh!

okelah let say, gw makan engga banyak, gw makan sayur, gw sok sokan diet mayo (dan engga mau lagi.. yucks) dan gw tau olahraga itu penting banget buat weight loss tapi smuanya gw lakukan setengah hati, males-malesan, dan yang paling buruk adalah kebiasaan gw makan ciki sambil minum teh manis botolan itu loh.. abis itu tidur.. 

apa yang terjadi? badan gw makin gendut, hormon ancur-ancuran, kena endometriosis sampe harus dioperasi, dan itu bahkan belum cukup loh buat bikin gw jera, pas keguguran ketiga itu gw baru mikir (mikirnya sedikit) abis itu divonis PCOS, dan resistensi insulin.

nah ini nih baru kaya abis ditamparin bolak balik! oia, nyokap diabetes,keluarga besar nyokap gw hampir semua diabetes, dan gw suka banget minum teh manis botolan (yang mana gulanya itu super banyak), dan ini loh yang sebenernya bikin hormon gw ancur-ancuran gini..

oke, lets blame hirsutisme, jerawat, badan gendut sama resistensi insulin yang bikin gw susah hamil dan terjadi keguguran berulang.. siapa yang yang paling harus disalahin? gw.. iya gw sendirilah wong badan-badan gw.. DAMN!

oke, akhirnya gw sadar kan, akhirnya mulailah sedikit mengatur makanan, minum metformin walopun gw engga diabetes, dan harus turun berat badan! ini HARUS!!


dan gw mulailah ini perjuangan pada bulan MARET.. 

jadi pas bulan maret ini gw baru lah memulai program hamil lagi, sekaligus program kurus..

kalo promil emang gw ke dokter, kalo program pengurusan BB gw engga ke dokter, gw lakukan sendiri bareng sama suami gw, doi yang jadi personal trainer gw..

oke jadi semenjak bulan maret gw minum metformin buat mengatasi resistensi insulin gw, dan bulan april jadwal haid gw udah mulai normal.. dan langsung keluar banyaaak banget,, dan keluar pas baru banget nyampe belanda, pas banget turun pesawat.. hahaha

pas pulang dari belanda itu, secara mengagetkan berat gw turun skitar 5 kg.. trus gw sakit jadi BB gw turun lagi sekilo.. jadi bulan april ke mei itu gw mengalami penurunan BB paling banyak tanpa banyak effort..

nah tapi pas inget kalo abis sakit itu biasanya selera makan engga ke kontrol akhirnya gw minta ama laki gw buat ikutan latihan boxing dia.. sebelumnya gw udah ikutan tapi gw blun serius.. nah pas bulan mei ini gw seriusss pisan latihannya. 


gw mulai serius latihan boxing, trus cardionya biasanya gw jogging atau lari, dan angkat beban. awal-awal latihan gw nangis darah deh.. trus laki gw kejam deh, doi bilang kalo lagi latihan dia itu jadi personal trainer gw, jadi gw ga boleh lenje menye2 dan manja, padahal gw kan pengennya kalo abis gw ngelakuin gerakan gitu dapet reward, di kiss gitu, apa gt, eyke malah dijitak disuruh serius, dan ga boleh berenti kalo belum muntah.. huhu

akhirnya menanamkan sugesti kalo gw bisa (walopun tetep aja gw suka nangis) dan ga akan berhenti sebelum muntah.. tapi biasanya kalo pas olahraga muntah itu artinya kita udah mengerahkan seluruh kemampuan kita ya? dan abis muntah biasanya bisa lanjut lagi olahraganya.. semangat!

gw lalu inget perkataan bokap gw, kata bokap gw, "ibaratkan kerjaan yang engga kamu sukai itu ibarat pipis, kalo pipis kan ga enak kalo ditahan, pas udah dilakukan tuh enak dan lega kan?" nah gw analogikan berolahraga ini sama kaya pipis, ga enak kalo ditahan, pas dilakukan udahnya enak.. dan yess berhasil!

so far, menurut gw sugesti bokap gw dan latihan yg dikasih ama laki gw udah mulai kelihatan hasilnya.. BB sih turunnya engga banyak, tapi kalo diitung dari bln desember 2014 sampe skrg gw udah turun skitar 11 kg..


 from december to early may

kalo kata temen aku sih ini foto kaya iklan obat pelangsing, dijamin turun, kalo ga turun uang kembali. hahahaa


ukuran baju juga udah mulai turun, yg jelas biasa beli ukuran 16 eh kmrn ke mango beli celana pendek ukurannya 12.. langsung yipiie (ukuran UK ya.. kalo ukuran UK 12 dikonvert ke ukuran US 8), perut juga berasa lebih berotot.. yah kaga gini lah perubahannya :


jangan tanya knapa hasil fotonya buruk rupa, diambil sendiri pake kamera hp doang :P


oia, yg bikin inspirasi supaya engga patah semangat adalah liatin body keren kaya gini :




perut gw masih jauh? iyaaa gpp.. akan tetep berusahaa.. :D



3 comments:

  1. Iseng blogwalking nemu blog ini..kita satu angkatan loh di sma :) i feel you..divonis pcos, keguguran 3x, minum aneka obat yg super ga enak efeknya demi si pcos smp akhirnya beralih ke yg natural, berjuang keras menurunkan berat badan dengan olahraga rutin tiap hari dan mengubah gaya hidup, bukan perjuangan yang mudah yes? alhamdulillah kehamilan yang keempat akhirnya selamat sampai lahir dan sekarang anaknya ud dua tahun aja hehehe..in syaAllah indah pada waktunya ya vitaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii anaa..makasi udah mampir blog akuu.. hehehe
      kamu anak sma 5 jugaa kan? ana yang rambutnya panjang kan? hehehe

      aah.. akhirnya kamu berhasilnya? aku masih berjuang euy.. wish me luck yaa anaa..
      kiss kiss buat kamu ama babynya.. :*

      Delete
    2. Hihihi bukaaan...aku dulu salah satu yg pake jilbab di kelas 3A ^_^

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...