Friday, 22 May 2015

training ke belanda..

halloooo...
udah lama banget ga ngeblog yaa? ampe bulukan kali ini blog aku tinggalin.. maap ya blog ehehe

kmrn ini tepatnya dari tanggal 11 april sampe tanggal 28 april, aku dapet beasiswa stunned neso untuk program tailor made training (TMT) di belanda.



TMT ini biasanya merupakan kerjasama antara instansi dan pihak neso untuk membuat pelatihan tingkat advance bagi SDM intansi yang bersangkutan. karena pelatihannya bersifat advance biasanya pesertanya adalah eselon IV ke atas. tapi karena aku beruntung (#gwmahgituorangnya :p), aku bisa ikut deh walopun belum eselon-eselonan.. yay..

tapi biarpun kaya gitu sebenernya buat dapet beasiswa training ini harus memenuhi  beberapa persyaratan, syarat yang paling penting ya harus bisa bahasa inggris dan dibuktikan dengan sertifikat TOEFL ITP dengan minimal score 525.. trus syarat yang kedua lolos seleksi administratif dan wawancara. untuk seleksi administratif kita dikasi form yang isinya antara lain nyuruh kita menerangkan tentang pekerjaan kita sehari-hari, trus motivasi dan keinginan kita untuk mengikuti program ini serta harapan kita setelah mengikuti program ini apa. untuk wawancaranya sih kita cuma diajak ngobrol aja sama pihak stuned/nesonya..

pak dirjen KN dan Direktur Neso Indonesia
sumber web neso http://www.nesoindonesia.or.id/


TMT yang aku ikut kmrn ini merupakan program kerjasama yg diusulkan oleh Direktorat Barang Milik Negara DJKN dengan Neso Indonesia dan Amsterdam School of Real Estate (ASRE) yang bertema "best practices in Netherland Strategic Asset Management" yang mana kita belajar tentang pengelolaan aset a.k.a Barang Milik Negara di Belanda. what?



selama ini kan aku cuma tau tentang BUMN dan perusahaan, hukum perusahaan, nah kok ini blajarnya tentang BMN? setelah dipikir ya gapapa dong, namanya juga belajar, ya barang baru skalipun hajar aja namanya juga belajar, walopun pas lagi training sempet ngos-ngosan karenaa pusiiiinggggg... yaudah baru belajar tentang hal itu, pake bahasa inggris pula..plus pelatihannya sifatnya advance.. lah gw newbie? langsung pusing pala barbie.. hahaha tapi yaudah dihadepin aja, kalo ditanya ama dosennya ya jawab aja. kalo engga ngerti nanya, kalo masih ga ngerti juga nanya temen sebelah, kalo masih pusing ya ambil minuman gratis, kalo masih pusing juga plus ngantuk ga ketara ya tiduuur aja barang 5-10 menit di toilet.. hehehe (banyak lho ternyata yg suka tidur di toilet kalo ngantuk ama pusingnya udah ga nahan, temenku malah ampe ngorok, ngoroknya kedengeran ke luar.. gila hahaha)


so far, belajar di luar negeri tuh enaak banget deh yaa..
walopun ASRE ini adalah adalah universitas swasta, tapi tempatnya tuh enaak banget
letaknya engga jauh dari stasiun Amsterdam Central, dari Central kita bisa naik trem no 26 atau jalan kaki.. kalo naik trem sekejap mata udah sampe, kalo jalan kaki lumayan sih..

kalo aku sebenernya lebih suka jalan kaki, karena perjalanan ke ASRE dari central ini ngelewatin pelabuhan jadi banyaak kapal yang bisa diliat, dan cuacanya enaak banget buat jalan kaki, cumaa eh cumaa.. karena jadwal training yang cukup padet, dari jam 9 sampe jam 5, akhirnya jalan kaki itu jarang banget bisa dilakuin seringnya naik trem..

ini dia kampusnya 
ga sempet foto yang segeda ini, jadi nyomot dari sini 


ini ruang kelasnya
betah banget ga sih kuliah kaya gini :D

ini perpustakaan asre skaligus ruang buat nyantai, nongkrong dan ngobrol-ngobrol cantik :D


enaknya lagi, pas training disini kita bebas ngambil macem-macem kue, coklat, buah-buahan dan aneka minuman dingin dan panas, trus boleh dibawa ke kelas... happy ^_^
kadang demi pengeretan aku suka ngambil coklat susu kaleng buat diminum di apartemen :p enak banget soalnya susu cokelatnya LOL
trus makan siangnya biasanya kita dikasi sandwich keju atau sandwich keju.. ahahaha sandwich keju aneka ragam lah pokonya.. rotinya macem-macem, kejunya juga macem-macem.. surga banget kalo buat pemakan roti dan keju kaya suamiku, tapi kalo aku lebih milih "makan" yaitu makan nasi atau mie deh.. akhirnya kalo buat lunch aku suka bekel masakan yang sebelumnya aku masak sendiri di apartemen :D

ga afdol banget kalo ga foto di depan kampus :D



foto bersama temen-temen peserta training dan mentor kita, case..
iya namanya CASE.. hihihi

pas kita lagi  brainstorming buat nyiapin project dan presentasi
ini di ministry of finance



TMT kemarin ini tuh, bener beneran capek banget deh.. karena kita belajar dengan jam yang padet, plus dikasi project dan di akhir training kita harus presentasiin project kita itu plus bikin laporan dan paper.. ngokk... 

oia, selain belajar di ASRE, kita juga mengunjungi aneka kementerian alias ministry yang terkait asset management di belanda, seperti ministry of finance (pasti lah ya, secara saudara ipar kan :p), ministry of foreign affair, ministry of infrastructure, rijk national academy, trus ministry of reicht waterstaat dll.. 
rata-rata kantor kementerian ini lokasinya di den haag atau the hague... dan smua kantornya keren, nanti aku ceritain lebih lanjut yaa tentang kantor-kantor pemerintahan di belanda ini..

salah satu patung aneh yang ada di ministerie van financien (kementerian keuangan belanda)

nongkrong depan kantor kementerian keuangan, den haag


den haag diliat dari salah satu jendela rijk national academy




lanjut cerita training lagi, kemarin kelompokku dapet tugas buat presentasiin tentang corporate real estate management organization gitu deh.. bikinnya puyeng tapi pas udah beres presentasi, dikasi komentar dan feed back yang positif trus pas beres  dikasi piagam.. rasanya happy banget..
kebayang gimana kalo ambil master disana trus lulus happynya kaya apa.. #ngayalbabu 

piagamnya :D


#berita lebih lanjut tentang beasiswa TMT ini bisa dilihat di webnya Neso Indonesia disini

selanjutnya nanti aku mau cerita tentang jalan-jalan seputeran belanda dan paris, plus hal-hal lain yang kepikiran LOL

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...