Thursday, 28 May 2015

jalan-jalan seputeran belanda edisi 1

pagi itu hari minggu tanggal 12 april 2015, akhirnya pesawat malaysian airlines (MAS) yang aku tumpangi mendarat juga di bandara schipol, amsterdam, belanda setelah terbang kurang lebih 15jam.. rasanyaa happy dan bersyukur banget bisa sampe dengan selamat (karena kmrn2 ini pesawat MAS rute amsterdam sempet kecelakaan karena di bom, makanya pas naik pesawat tuh aku udah pasrah, in  case aku knapa2 aku sebelum brangkat udah minta maap dulu ama org2 heeheh :p).

jadi aku ke belanda ini dalam rangka training seperti yang udah aku ceritain di postingan sebelum ini, disini tapi ga afdol banget yaa kalo udah jauh-jauh ke belanda tapi ga jalan-jalan seputeran belanda.. makanya di postingan kali ini aku mau cerita beberapa tempat seru yang wajib didatengin di belanda, tempat-tempat ini beberapa udah aku datengin, dan beberapa emang sengaja aku simpen buat tabungan biar aku ke belanda lagi (amin :D) biar kaya semacam motivasi gitu.. tapi biar bisa berguna juga buat temen-temen yang baca, jadi nanti aku masukin ya tempat-tempat tabungan aku itu LOL

biar ga lama-lama prolognya, yuk kita mulai aja..

1. bandara schipol

bandara internasional belanda yang berada di amsterdam ini menurutku merupakan salah satu bandara yang paling bagus yg pernah aku datengin (padahal yg didatengin jg engga banyak :p), karena bandaranya gede banget, dan sgala macem alat transportasi tersedia, jadi pas turun pesawat tuh kita ga ada yang namanya bingung mau pergi naik apa karena smuanya ada, bis ada, train ada, taksi juga.. lengkap kap kap.. plus disini juga merupakan icon orang buat berfoto.. seperti yang aku dan temen2ku lakukan.. foto di depan tulisan schipol dan i amsterdam.. sayangnya aku engga sempet foto di i amsterdam karena kmrn itu udah keburu dijemput sama pihak asre buat naik bus. tapi yang penting aku foto depan schipol dan langsung aku jadiin DP hahaha.. penting banget :D


saat itu karena dari indonesia dan malaysia panas, aku cuma bawa jaket bulu H&M aja, walopun dalemnya bulu yang kalo dipake di jakarta itu super geraah, pas nyampe schipol udah mulai kerasa dingin, dan pas keluar ternyata dingiiin banget, ternyata suhunya karena masih pagi cuma 3' C.. buat badan biasa suhu 25-30an.. sgitu aja dingiiin banget.. makanya fotonya cuma sebentar trus langsung ngibrit kebis... hihihi


2. IJ Hallen Flea Market

pas sampe di apartemenku di amstelveen, temen yang lagi home stay di belanda ngedatengin dan kita udah janjian mau jalan-jalan ke flea market paling gede se belanda, I.J Halen yang cuma diadain sebulan skali pada hari sabtu dan minggu, dan pas hari aku sampe tuh pas banget hari terakhirnya.. dan kebeneran banget aku juga butuh nyari coat buat menahan dingin belanda, soalnya dari indo cuma bawa jaket bulu H&M itu dan satu jaket kulit aja.. karena jaket H&M ga kuat menahan dingin dan angin (di belanda anginnya kejam, mungkin karena belanda itu negerinya datar dan letaknya di bawah permukaan laut, jadi angin ngumpul smua.. tapi aku selama di belanda ga masuk angin loh.. hebat kan? hahaha) akhirnya pas pergi ini aku pake jaket kulitnya, dan rasanya cukup anget tapi masih dingin.. hiks
jadi aku emang haruuus beli coat tebel...hehe (alesan)

IJ Hallen




aneka barang yang dijual di IJ Hallen..

kalo kamu pengen beli barang murah, ya disini tempatnya..
jangan bayangin pasar loak di eropa itu semacem senen atau gede bage ya, karena yang dijual itu barangnya masih bagus-bagus banget. rata-rata orang eropa itu ga suka kalo rumahnya kebanyakan barang, jadi kalo mereka udah ga butuh ya mending dijual atau bahkan dibuang aja..

pas ke ij hallen ini, aku dapet coat H&M super bagus, dan super anget cuma satu euro aajaa.. murah banget...
trus dapet sepatu boots H&M, tas kulit, plus jumper cuma 2 euro buat 3 barang... belanja ampe 3 kantong cuma abis 10 euro deh kayanya.. super happy ^_^

temenku dapet jaket kulit zara asli, cuma 2,5 euro.. trus dapet tas kulit 4 biji cuma 3 euro..

oia, di IJ hallen juga banyak barang gratisan.. dan ditulis gratis gede-gede (gratis tuh ternyata bahasa belanda sodara-sodara.. hahaha), dan lo boleh ambil sebanyak apapun, seriusan.. kemaren barang gratisan itu aku dapet buku cerita bahasa belanda, lumayan banget hehe


3. stasiun amsterdam central

sumber disni



masih jetlag, nahan dingin tapi harus mejeng depan amsterdam centraal

stasium amsterdam central ini merupakan stasiun pusat di amsterdam, letaknya di pusat kota dan gedeee banget, menurut orang awam seperti aku letaaknya tuh bener-bener di central banget, karena hampir smua jurusan ada disini, mau naik metro ada, train, thallys, bis, trem, taksi, lengkap, bahkan kapal juga ada, istilahnya kalo kamu nyasar di amsterdam, tinggal naik apapun ke amsterdam central deh, udah aman deh idup lo.. hahaha



4. dam square dan royal palace

keluar dari amsterdam central, luruuuus terus nyusurin jalan, kita bakal nemuin dam square dan royal palace yang letaknya hadap-hadapan..

DAM SQUARE sumber dari sini



Dam Square ini pada prinsipnya tuh semacem alun-alun di amsterdam, di sekitarannya banyak toko-toko dan cafe-cafe, dan beberapa bangunan bersejarah lainnya seperti koninklijk paleis (the royal palace of amsterdam), nieuwe kerk (new church) dan museum madame tussaud,  makanya jangan heran kalo disini banyak banget orang. selain itu, daerah dam square dan royal palace ini sering diadakan event-event. kaya kemarin pas aku di belanda tuh ada pasar malam.. lebih lanjut aku ceritain di bawah yaa..


the royal palace yang konon udah ga ditinggalin raja, 
raja baru kesana kalo ada acara khusus aja, seperti kingsday

pelatarannya ini sering dijadikan tempat buat event-event, karena letaknya emang pas banget di tengah kota..




dam square ketika malam.. ramee orang


5, 6, 7 nyambung postingan selanjutnya yaaa teman-teman :*










Friday, 22 May 2015

training ke belanda..

halloooo...
udah lama banget ga ngeblog yaa? ampe bulukan kali ini blog aku tinggalin.. maap ya blog ehehe

kmrn ini tepatnya dari tanggal 11 april sampe tanggal 28 april, aku dapet beasiswa stunned neso untuk program tailor made training (TMT) di belanda.



TMT ini biasanya merupakan kerjasama antara instansi dan pihak neso untuk membuat pelatihan tingkat advance bagi SDM intansi yang bersangkutan. karena pelatihannya bersifat advance biasanya pesertanya adalah eselon IV ke atas. tapi karena aku beruntung (#gwmahgituorangnya :p), aku bisa ikut deh walopun belum eselon-eselonan.. yay..

tapi biarpun kaya gitu sebenernya buat dapet beasiswa training ini harus memenuhi  beberapa persyaratan, syarat yang paling penting ya harus bisa bahasa inggris dan dibuktikan dengan sertifikat TOEFL ITP dengan minimal score 525.. trus syarat yang kedua lolos seleksi administratif dan wawancara. untuk seleksi administratif kita dikasi form yang isinya antara lain nyuruh kita menerangkan tentang pekerjaan kita sehari-hari, trus motivasi dan keinginan kita untuk mengikuti program ini serta harapan kita setelah mengikuti program ini apa. untuk wawancaranya sih kita cuma diajak ngobrol aja sama pihak stuned/nesonya..

pak dirjen KN dan Direktur Neso Indonesia
sumber web neso http://www.nesoindonesia.or.id/


TMT yang aku ikut kmrn ini merupakan program kerjasama yg diusulkan oleh Direktorat Barang Milik Negara DJKN dengan Neso Indonesia dan Amsterdam School of Real Estate (ASRE) yang bertema "best practices in Netherland Strategic Asset Management" yang mana kita belajar tentang pengelolaan aset a.k.a Barang Milik Negara di Belanda. what?



selama ini kan aku cuma tau tentang BUMN dan perusahaan, hukum perusahaan, nah kok ini blajarnya tentang BMN? setelah dipikir ya gapapa dong, namanya juga belajar, ya barang baru skalipun hajar aja namanya juga belajar, walopun pas lagi training sempet ngos-ngosan karenaa pusiiiinggggg... yaudah baru belajar tentang hal itu, pake bahasa inggris pula..plus pelatihannya sifatnya advance.. lah gw newbie? langsung pusing pala barbie.. hahaha tapi yaudah dihadepin aja, kalo ditanya ama dosennya ya jawab aja. kalo engga ngerti nanya, kalo masih ga ngerti juga nanya temen sebelah, kalo masih pusing ya ambil minuman gratis, kalo masih pusing juga plus ngantuk ga ketara ya tiduuur aja barang 5-10 menit di toilet.. hehehe (banyak lho ternyata yg suka tidur di toilet kalo ngantuk ama pusingnya udah ga nahan, temenku malah ampe ngorok, ngoroknya kedengeran ke luar.. gila hahaha)


so far, belajar di luar negeri tuh enaak banget deh yaa..
walopun ASRE ini adalah adalah universitas swasta, tapi tempatnya tuh enaak banget
letaknya engga jauh dari stasiun Amsterdam Central, dari Central kita bisa naik trem no 26 atau jalan kaki.. kalo naik trem sekejap mata udah sampe, kalo jalan kaki lumayan sih..

kalo aku sebenernya lebih suka jalan kaki, karena perjalanan ke ASRE dari central ini ngelewatin pelabuhan jadi banyaak kapal yang bisa diliat, dan cuacanya enaak banget buat jalan kaki, cumaa eh cumaa.. karena jadwal training yang cukup padet, dari jam 9 sampe jam 5, akhirnya jalan kaki itu jarang banget bisa dilakuin seringnya naik trem..

ini dia kampusnya 
ga sempet foto yang segeda ini, jadi nyomot dari sini 


ini ruang kelasnya
betah banget ga sih kuliah kaya gini :D

ini perpustakaan asre skaligus ruang buat nyantai, nongkrong dan ngobrol-ngobrol cantik :D


enaknya lagi, pas training disini kita bebas ngambil macem-macem kue, coklat, buah-buahan dan aneka minuman dingin dan panas, trus boleh dibawa ke kelas... happy ^_^
kadang demi pengeretan aku suka ngambil coklat susu kaleng buat diminum di apartemen :p enak banget soalnya susu cokelatnya LOL
trus makan siangnya biasanya kita dikasi sandwich keju atau sandwich keju.. ahahaha sandwich keju aneka ragam lah pokonya.. rotinya macem-macem, kejunya juga macem-macem.. surga banget kalo buat pemakan roti dan keju kaya suamiku, tapi kalo aku lebih milih "makan" yaitu makan nasi atau mie deh.. akhirnya kalo buat lunch aku suka bekel masakan yang sebelumnya aku masak sendiri di apartemen :D

ga afdol banget kalo ga foto di depan kampus :D



foto bersama temen-temen peserta training dan mentor kita, case..
iya namanya CASE.. hihihi

pas kita lagi  brainstorming buat nyiapin project dan presentasi
ini di ministry of finance



TMT kemarin ini tuh, bener beneran capek banget deh.. karena kita belajar dengan jam yang padet, plus dikasi project dan di akhir training kita harus presentasiin project kita itu plus bikin laporan dan paper.. ngokk... 

oia, selain belajar di ASRE, kita juga mengunjungi aneka kementerian alias ministry yang terkait asset management di belanda, seperti ministry of finance (pasti lah ya, secara saudara ipar kan :p), ministry of foreign affair, ministry of infrastructure, rijk national academy, trus ministry of reicht waterstaat dll.. 
rata-rata kantor kementerian ini lokasinya di den haag atau the hague... dan smua kantornya keren, nanti aku ceritain lebih lanjut yaa tentang kantor-kantor pemerintahan di belanda ini..

salah satu patung aneh yang ada di ministerie van financien (kementerian keuangan belanda)

nongkrong depan kantor kementerian keuangan, den haag


den haag diliat dari salah satu jendela rijk national academy




lanjut cerita training lagi, kemarin kelompokku dapet tugas buat presentasiin tentang corporate real estate management organization gitu deh.. bikinnya puyeng tapi pas udah beres presentasi, dikasi komentar dan feed back yang positif trus pas beres  dikasi piagam.. rasanya happy banget..
kebayang gimana kalo ambil master disana trus lulus happynya kaya apa.. #ngayalbabu 

piagamnya :D


#berita lebih lanjut tentang beasiswa TMT ini bisa dilihat di webnya Neso Indonesia disini

selanjutnya nanti aku mau cerita tentang jalan-jalan seputeran belanda dan paris, plus hal-hal lain yang kepikiran LOL

Wednesday, 13 May 2015

postingan ngaco.. ga usah dibaca, ga penting

beberapa waktu lalu tuh kan lagi musim banget ya hastag #gwmahgituorangnya
beberapa dibikin meme-meme lucu, beberapa ya nulis status ngehe aja..

kalo meme kaya gini nih contohnya :
sumber disini


sumber disini


sumber disini


sumber disini




kalo saya, malah jadi mikir.. iya yah saya juga suka #gwmahgituorangnya tapi saya mah realistis aja ama apa yg kejadian ya.. ga ngayal kaya contoh di atas..

kaya gini :

1. jaman dulu, mama udah masak cape-cape, gw pulang sekolah, naro tas, buka spatu, buka tutup meja makan, liat makanan mama... malah bikin mie goreng #gwmahgituorangnya

2. ada salah satu keluarga gw minjem lipstick soalnya dia ga bawa lipstick, tapi sebelumnya gw liat dia makan jengkol, dan pas ngomong ama gw baunya bikin pengen pindah kecamatan, akhirnya lipsticknya gw kasihin aja daripada gw pindahan kan repot#gwmahorangnyagitu

3. liat temen gw, orangnya begeng naek motor pake baju bubulucunan (pake baju minim), gw kan mikir emangnya ga masuk angin gitu? trus gw ikut-ikutan, langsung masuk angin dong #gwmahgituorangnya

4. lagi pengen ngeblog, eh tiba2 ada kerjaan, akhirnya ngeblog engga, ngerjain kerjaan juga engga, gw malah pake kuteks #gwmahgituorangnya

5. punya lipstick banyak, kalo liat ada lipstick baru yg lagi heits langsung beli trus bilang ama suami ga punya lipstick (baru :p) #gwmahgituorangnya

6. bilang ama suami ga punya lipstick, tiba-tiba salah satu pouch make up jatuh, trus ketahuan deh ada 20 biji lipstick disitu (padahal setengahnya aja engga :p) #gwmahgituorangnya

7. bilang sama suami ga punya baju, padahal lemari smua isinya baju gw, trus suami cuma dikasih drawer doang #gwmahgituorangnya

ga sama yaa ama contohnya diatas? biarin.. yang penting kan jujur #gwmahorangnya gitu


apalagiii? ah udah ah.. pusing mikirinnya, namanya juga postingan ngaco kok ya dipikirin banget sik..
yg penting besok libur hehe :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...