Wednesday, 4 March 2015

wefie bersama mama

hallooo..


bulan maret ini merupakan bulan yang menggembirakan banget buatku. kenapa? karena papa, mama dan suamiku berulang tahun di bulan ini. tepatnya tanggal 3 papaku berulang tahun, mamaku tanggal 9 dan suamiku tanggal 8 maret.

flashback ketika aku belum menikah, peringatan ulang tahun di keluargaku biasa kami lakukan dengan sederhana, tidak perlu ucapan pas tengah malam (karena biasanya lagi enak-enaknya tidur) tapi biasanya kami ucapkan ketika shubuh sekalian bangun untuk solat :p selanjutnya tiup lilin. mamaku pandai memasak dan membuat kue, jadi ketika papa, aku atau adikku berulang tahun, mama selalu membuatkan kue tart yang enak tergantung kami pinginnya kue apa. kue tart apa saja mamaku bisa membuatnya, blackforest, lapis legit, lapis malang, lapis surabaya, marble cake, tiramisu, cheese cake, sebutkan saja maka mamaku akan membuat sehari sebelumnya. selain tiup lilin, mamaku juga selalu memasak nasi kuning atau nasi tumpeng ketika salah satu dari kami berulang tahun. lalu kami akan memberikan kado, kadonya tidak perlu yang mewah dan mahal, tapi kami biasanya saling memberikan kado yang berguna dan sedang dibutuhkan yang berulang tahun dan tidak lupa berdoa bersama untuk yang berulang tahun.

lalu bagaimana kalo mamaku yang berulang tahun? karena aku, papa dan adiku tidak bisa memasak, maka biasanya kami membeli kue saja di toko kue. mama malah senang karena makan kue buatan orang lain. tapi kalo nasi kuning/tumpeng atau ketupat sayur mamaku sendiri yang membuatnya.. hehe

bulan februari tahun 2012, mamaku terkena stroke, mamaku yang biasanya sangat aktif, seminggu 3x olahraga tenis, dan hampir setiap hari melayani pesanan catering, tiba-tiba badannya lumpuh sebelah, yaitu sisi badan yang sebelah kiri. stroke yang sangat dahsyat akibatnya tiba-tiba hadir di tengah-tengah keluarga kami, dan menyerang mamaku pula, hati kami hancur saat itu, tapi kami harus lebih tabah karena mama yang mengalaminya pasti lebih shock. sisa stroke itu tidak sepenuhnya pulih karena menurut dokter penanganan mamaku lewat dari golden time, jadi sampai sekarang mamaku belum bisa berjalan dengan benar, dan tangan kirinya tidak bisa digerakan, kaku, dan jemarinya juga terus mengepal, tidak bisa menggenggam apalagi membuka :(

disaat itu pula kehidupan keluarga kami berubah, papaku memindahkan usahanya ke rumah untuk mengawasi mamaku 24 jam. pengobatan-pengobatan kami tempuh, dari dokter syaraf, internist, akupunktur, bekam sampai obat-obat cina pun kami lalui sebagai ikhtiar agar mama cepat sembuh. alhamdulilah saat ini keadaannya sudah lebih baik, mama sudah bisa menerima pesanan catering lagi walaupun memasak hanya menggunakan satu tangan. satu yang tidak bisa kembali yaitu bentuk senyuman mama (dokter pernah bilang bahwa setelah stroke pasien tidak akan bisa 100% kembali seperti keadaan semula) tapi mamaku selalu tersenyum apalagi ketika bertemu aku, anaknya yang jarang pulang :(

beberapa minggu yang lalu, mamaku mengunjungiku di jakarta sekaligus mau menghadiri acara pernikahan salah seorang kerabat. buat mama, jarak jakarta bandung yang cuma 129km itu cukup berat, karena beliau jadi agak ketakutan terutama di jalan tol, dan jika sudah stress maka kami mama akan susah bergerak, jarijemarinya mengkerut, tapi mamaku tetap berusaha untuk tabah dan semangat. 

ketika akan menghadiri pernikahan, kami sempat melakukan wefie simpel di mobil hanya dengan memakai kamera hp saja :

aku dan mamaku :)


walaupun dari senyuman dan sorot mata mama seperti agak kurang fokus, tapi mama itu sangat berusaha sekali loh untuk bisa tersenyum seperti orang normal. aku sangat bangga mamaku bisa tersenyum seperti ini, dan aku ingin agar mamaku bisa cepat sembuh dari strokenya.

ketika emak gaoel, winda krisnadefa mengadakan lomba selfie story, aku langsung ingat pada foto wefie aku dan mamaku ini. momen saat kami wefie ini menurutku rasanya campur-campur, senang karena bisa bertemu mamaku, tapi sekaligus sedih melihatnya masih sakit. mamaku sampai saat ini terus berjuang melawan penyakit strokenya, tapi beliau selalu mengingatkanku akan pentingnya hidup sehat serta mengingatkan akan bahaya penyakit diabetes (ya, diabetes adalah penyebab stroke mamaku).

nah, jika aku dapet hadiah handphone smartfren dari  emakgaoel, aku akan menghadiahkan handphone itu untuk mamaku, siapa tau hadiah tersebut bisa membuat mamaku bisa tersenyum bahagia mendapat hape sebagai hadiah ulangtahunnya, dan semoga mamaku bisa terus semangat untuk sembuh dari stroke ini.


oia, teman-teman, ini ada beberapa tips untuk penyelamatan pertama jika ada keluarga/teman yang tiba-tiba terkena stroke, tipsnya dari ahli syaraf dari RSCM, dokter H Samino SpS(K) selanjutnya bisa dibaca disini :


TIPS PENANGANAN STROKE

 
* Pada prinsipnya penanganan stroke harus dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat.
* Kalau ada seseorang terkena stroke, segera bawa dia ke rumah sakit yang mampu mengangani itu. 
semuanya harus dilakukan dalam waktu golden time, yaitu 4 jam dari saat serangan. jangan lebih. waktu itu mamaku dibawa ke RS lebih dari 4 jam, karena menunggu aku dulu dari jakarta :(

* Jika stroke terjadi ketika orang berada di daerah yang jauh dari rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang memadai, maka terpaksa penanganannya dilakukan secara darurat. Caranya sebagai berikut: 
1. Baringkan penderita dengan posisi kepala 30 derajat dari tempat tidur. Dilihat apakah muntah atau tidak. Kalau muntah maka kemungkinan pembuluh darahnya pecah. Dilihat juga pernapasannya apakah lancar atau tidak. Kalau penderita stroke mau muntah maka posisi kepala agak dimiringkan, sehingga muntahan bisa keluar dan tidak mengganggu saluran pernapasan. 
2. Setelah itu segera hubungi dokter untuk memberikan pertolongan pertama.

 oke deh, segini aja dulu ya teman-teman, semoga bermanfaat :) 





#oia, tulisan ini diikutsertakan dalam lomba selfie story bersama smartfren by emakgaoel. jika teman-teman ingin ikutan juga silahkan lakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Follow Blog Emak Gaoel, twitter @windakrisnadefa dan like page Emak Gaoel.


2. Follow Twitter @smartfrenworld dan like page smartfren.


3. Mencantumkan minimal satu kata "Smartfren" dengan tautan ke website Smartfren.


4. Memasang banner lomba ini dan menautkannya ke website Smartfren.






5. Sharing info tentang lomba ini di Facebook dan Twitter minimal satu kali dengan tagar #SelfieStory (jangan lupa mention @windakrisnadefa, @smartfrenworld juga tag Emak Gaoel dan smartfren, yes).


6. Kirim link URL beserta data pribadi (nama, alamat, akun Facebook dan Twitter, dan nomor ponsel) kamu ke selfiestory48@gmail.com dengan subyek: Peserta Selfie Story.

7. Lomba berlangsung tanggal 4 Maret - 4 April 2015. Pengumuman pemenang insya Allah 2 minggu setelah lomba ditutup.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...