Sunday, 29 March 2015

gerakan hemat merawat pakaian

hallooo...

kemarin baca postingannya mak icha tentang gerakan tanpa setrika, langsung pengen toss banget karena saya juga malesss banget nyetrika..

gambar dari veryverybusymom.com


kenapa oh kenapa?

karena nyetrika itu :
PANAAASSS... GERAHHH... HAREUDANG..........
mau nyetrika dibawah AC ditambah di depan kipas angin tetep aja panas.. sebel!

tapiii.. mau gimana lagi ya nyetrika itu tetep penting karena saya pake seragam yang bahannya gampang kusut jadi harus disetrika dan suami juga kalo kerja pake kemeja dan celana kain yang harus disetrika..

akhirnyaaa,, saya bikin kebijakan, pas hari minggu, saya dan suami harus bisa memutuskan baju apa yang akan kami pakai untuk kerja selama 5 hari kedepan. biasanya sih suami langsung memilih 5 potong kemeja dan 2 celana panjang (hemat banget dia) dan saya biasanya nyiapin 1 seragam biru (untuk hari rabu), 2 batik (untuk selasa dan jumat), untuk hari senin saya pake seragam blazer putih (dan untuk menghemat saya tinggalin aja blazernya di kantor) plus kaos putih dan hari kamis bebas (kalo ini dipikirin nanti aja),. jadi minggu itu biasanya saya cuma setrika ga sampe 10 potong pakaian.


semenjak ngekos dulu saya ga pernah setrika baju dalam, baju tidur, kaos (kecuali yg bahannya gampang banget kusut), celana jeans, jaket, cardigan dan lain-lain. akhirnya kebiasaan ini kebawa sampe skrg jadi ibu rumah tangga sekaligus pekerja jg.. dan kebiasaan ini hemat waktu, hemat listrik dan hemat marah-marah gara2 panas bin hareudang.

tapi, baju-baju yg tadi saya sebutin itu ada syaratnya juga biar enggak kusut, yaitu cuci dan jemur dengan benar.

karena bekerja, saya cuma sempat nyuci baju hari sabtu (kalo minggu ribet), pokonya saya harus nyuci hari sabtu, kalo engga saya bisa bete.. (apaan pula).. alesannya cuma satu, karena hari minggu baju-baju tersebut harus udah kering dan bisa untuk disetrika (beberapanya :p). nah, tapi nyuci seminggu sekali ini juga hemat listrik, hemat air, hemat deterjen dan hemat pewangi.. iya dong..

gambar dari www.etsy.com


nah agar baju2 tersebut keringnya rapih dan nyaman dipakai, saya selalu pake pelembut/pewangi biasanya merk D***y karena paling wangi dibanding M***o hehe, trus dijemur sesuai ketentuan yang berlaku, yaitu :

  • untuk kemeja dan jaket dijemur harus pake gantungan baju;
  • untuk kaos dijemur di jemuran 
  • untuk dalaman dijemur di gantungan baju yang bentuknya muter-muter itu loh
  • untuk kaos kaki dijemur sesuai bentuknya
semuanya sebelum dijemur harus dikibasin sampe kusutnya ilang, jemur dengan benar pasti nanti keringnya rapih.

gambar dari www.dreamstime.com


habis kering, langsung dilipat rapi atau kalo yg digantung, gantungin lagi di tempat gantungan baju. 

cara ini udah paling bener deh menurut saya, dan kalo boleh jujur ini tuh gampang banget. ga perlu deh ada asisten rumah tangga buat nyetrika. selain bayar mahal, setrikaannya suka engga rapi, suka ngerusak baju kadang-kadang, kalo dikomplain engga mau plus belagu lagi... (kok malah curhat :p)


nah kalo mencuci udah hemat tapi tetap wangi dan bersih, nyetrika juga seperlunya yang penting bajunya rapi boleh dong kita namakan Gerakan Hemat Merawat Pakaian..

yuk yuk dipraktekan, ga bakal rugi kok.. sisa waktunya bisa digunakan buat nonton korea loh (sambil ngelipetin baju pastinya :D)


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...