Friday, 16 January 2015

kuliner gondangdia

udah lamaa banget kayanya engga posting, ampe lupa gimana mulainya.. hehehe
makanya kali ini aku mau ngomongin yang asik asik dan enak-enak aja

apa sih yg asik dan enak? menurutku sih udah masti makan..
dan makanan yang asik di kantong dan rasanya enak itu udah pasti merupakan favoritku.. hehe

kalo orang-orang lagi pada heboh ngomongin pasar santa, kita coba gak ikut mainstream yuk, yaitu kuliner seputeran stasiun gondangdia. percaya atau engga, makanan di situ tuh enak-enak rasanya dan harganya juga asik di kantong.

bermulai dari keisengan saya tiap liat tempat baru mulai deh matanya jelalatan cari tempat yang ramai. nah, pas saya ama suami mulai memutuskan untuk berangkat kantor engga bawa mobil tapi pake kereta, saya jadi rajin jelalatan di stasiun-stasiun kereta yang saya datengin baik pergi ataupun pulang. kalo pergi saya naik dari stasiun pondok kopi (klender baru) (tapi cerita tentang kuliner pondok kopi nanti saya cerita di postingan yg lain ya) dan turun di stasiun gondangdia. dari stasiun gondangdia nanti saya lanjut naik kopaja p20 sampai kantor.

dulu pas awal naik kereta, stasiun-stasiun tuh belum dikerangkeng dan dipagerin kaya sekarang, makanya pas turun kereta jalan sedikit di depan pintu stasiunnya udah langsung ada kopaja yg pada ngetem. udah pasti ya bikin macet wong jalan depan stasiun itu kan kecil banget cuma buat satu mobil deh, soalnya disisi kiri kanan banyak bajaj, ojek bahkan tukang sayur juga ada. waktu awal-awal sih saya selalu naik kopaja langsung. tapiii lama-lama kok jajanan di sekitar stasiun menarik mata, hati dan perut yaa..

sejauh ini makanan yang udah aku coba tuh :

1. toko roti lauw




tau roti jadul merk lauw kan? aku sih paling suka roti jadul, dan roti lauw termasuk roti jadul yang menurutku enak (selain roti tempo doelo dan roti tan ek tjoan). toko roti lauw ini adanya persis banget di pintu kluar stasiun gondangdia yg di sisi kanan ya (jadi pas turun tangga langsung belok kanan) di sebelah pasar gondangdia.
roti lauw menurutku tuh lembut dan sangat ngenyangin. dengan harga Rp5000 per roti, kita udah dapet roti manis maupun roti asin yang ga kalah rasanya kalo dibandingin roti-roti di mall loh. malah roti tawar lauw itu menurutku paling enak buat dibikin roti bakar dibanding roti yg beli di supermarket loh..
a must try deh.. hehe


2. mie ayam cici koko



sebenernya ini mie ayam ini cuma mie ayam pake dorongan aja.. yang jual cici dan koko
yang paling enak tuh pangsitnya, pangsitnya tuh mirip sama siomay.. enak deh. mie nya juga lembut, kuahnya juga enak. seporsi mie ayam komplit pake pangsit dan bakso cukup bayar Rp18000 aja.
letak mie ayam ini pas banget depan toko roti lauw, di sebelah tukang bakso. kalo bakso sih aku belum coba, abis gimana gitu ya rasanya kalo makan bakso pagi-pagi hehe.
mie ayam ini menurutku cukup rekomended deh, cuman sayangnya cicinya galak dan pelit sambel (mau minta sambel tambahan ga boleh!).


3. nasi rames tongkol (namanya wartegnya nyusul.. lupa soalnya)

nasi rames tongkol ini sebenernya nasi rames di warteg biasa sih. cuma menurutku nasi rames tongkol ini lumayan enak. seporsi nasi rames dikasi tongkol balado, urab sayur plus gorengan 2 biji (bisa tempe, tahu atau martabak tahu) cuma perlu ngeluarin uang sebesar Rp9000 aja.. murah banget kan??
oia, nasi rames ini tempatnya selurusan sama toko roti lauw, dari toko roti lauw jalan aja terus ke depan, nah di sebelah toko kopi/toko kelontong ada abang-abang yg gorengin gorengan di pinggir jalan, nah gorengan ini juga jadi ciri khasnya warteg nasi rames tongkol ini.


4. martabak ketan
martabak ketan disini juga lumayan enak loh, ketannya lumayan banyak dan kelapanya juga manisnya pas, adonan martabaknya juga rasanya ga kurang ga lebih, cukup enak banget lah buat harga 4000rupiah. dan ini bukan martabak mini loh, jadi seteflon martabak itu dilipet jadi 2 dan dipotong jadi 4. lumayan besar deh. selain martabak ketan abangnya juga jual martabak coklat kacang. tapi kalo menurutku lebih enak yg ketan, tapi balik selera masing-masing juga yaa.
oia martabak ini letaknya pas banget pintu masuk gondangdia sisi kanan, bersebrangan ama toko roti lauw. di sebelahnya ada tukang bubur ayam.

kalo tadi kita ngomongin sisi kanan, sekarang pindah sisi kiri yuk.. hehe


5. nasi gudeg ceker ibu tina



siapa sukaa ceker? siapa suka gudeg? gudeg campur ceker? enaaak ^_^
seriusan, gudeg ceker bu tina ini serius enaknya. gudegnya gak tlalu manis lebay, pas manisnya, kreceknya juga ga tlalu pedas menyengat, pas aja pedesnya, dan cekernya lembuut.. enaak
ditambah tempe bacem atau tahu bacem atau ayam opor atau tahu opor waduuuh enaak banget..
dan yang pasti harga asik dong. seporsi nasi gudeg komplit plus ceker (4 buah) cuma rp10rb, kalo nasi gudeg komplit plus telur dan tempe cuma 12rb. muraaah kan?
saking murah dan enak, aku sering banget ketemu ama temen2 kantorku yg juga pada beli, baik beli bungkus nasi kaya aku buat sarapan atau dibungkus buat di rumah. hemat dan murah.


6. ketupat sayur padang sederhana



aku baru tau kalo restoran sederhana (iya sederhana yg terkenal itu loh) ternyata udah buka pagi-pagi dan nyediain menu sarapan pagi seperti ketupat sayur padang dan soto padang. nah karena aku kmrn itu lagi pengen makan ketupat sayur padang, makanya nyobain deh melipir ke sederhana. resto sederhana ini letaknya depan stasiun gondangdia, sebelah mesjid cut meutia..

ketupat sayurnya lumayan enak, kuahnya kentel, sayurnya banyak, lontongnya lembut dan harganya cukup murah. cuma rp12.500 buat seporsi ketupat sayur padang plus telur. boleh dicoba..


7. mie ayam mesjid cut meutia (gambar nyusul yaa)

di pinggir mesjid cut meutia (yg menghadap stasiun gondangdia) ada mie ayam yg enaak banget.
yang uniknya lagi mie ayam ini juga jualan peyek kacang yang super crunchy.. disatuin sama mie ayam pangsitnya rasanya unik dan nagih.. dan entah kenapa tiap mau beli mie ayam ini selalu ketemu ama temennya temenku, dia adalah seorang ibu2 baik hati yang kerja di bank depan mie ayam ini, dan rejeki anak soleh jadinya aku slalu dibayarin.. hehehe jadi selain enak juga penuh berkah, alhamdulilaah ^_^

segitu dulu yaa teman, nanti kalo udah coba yg lain aku update lagi.



4 comments:

  1. Replies
    1. cobain dong eyang pangumboro, enak enak loh hehe

      Delete
  2. Wah kangen banget sama mie ayam cici koko nya tuh..kira2 skrng masih ada gak yah..??? Dan skrng buka dimana..mohon info mba..thanks yah..

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya, berguna bgt..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...