Friday, 19 September 2014

belajar memahami sesama dari bau ketek

paling males kalo udah naik angkutan umum trus mengendus bau ketek..
setelah diendus-endus eh ga taunya orang sebelah kita.. langsung pasang masker deh..
tapi yang paling males kalo yg bau itu yaa kita sendiri.. maluuunyaa yaa ampuun
makanya kalo buat diri sendiri sih biasanya saya  sebisa mungkin menjaga biar ga bau.
caranya.. ya pake deodorant.. pake bedak buat nyerap keringet, plus pake parfum
nah kalo udah pake itu smua masih bau, salahkan udara yg panas  atau aktivitas berat yg bikin keringet keluar berlebih.. (alesan :p)

jadi bertanya knapa ketek bisa bau.. ternyata
menurut detik.com yang bikin ketek bau itu karena Ketek mempunyai fungsi yang penting untuk mengeluarkan racun, yang mana racun tersebut keluar melalui keringat karena itu berkeringat penting untuk tubuh. Tubuh menghasilkan keringat dari kelenjar apokrin yang terdapat di ketek. Kelenjar ini mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak. Sebenarnya cairan yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin hanya berbau lemak, tapi karena di setiap helai bulu ketek mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, akibatnya jika tidak dijaga kebersihannya bisa menimbulkan bau badan bau. 

nah itulah sebabnyaa..

nah, karena menurut saya, saya udah lumayan ber-effort untuk mencegah bau ketii..
makanya kadang-kadang saya suka sebel ama orang yang bau ketek..apalagi pagi2..
saya mikirnya.. "masih pagi kok udah bauuu sih, mandi ga sihhh" dan sejuta pikiran negatif lain tentang orang yang bau tersebut..

image dari sini

habis ngegerundel dalam hati tersebut, biasanya sebagai orang yg ekspresionis alias ekspresi muka bisa berubah ekspress.. muka saya jadi sebel..jelek deh..
malemnya pas lagi pillow talk sama suamiku yg anaknya baik hati dan penyayang itu, malah dinasehatin deh.. menurut beliau, ga semua orang bisa beli deodorant loh, jangankan deodorant semprot kaya yang kamu pake, mau beli bedak bb atau tawas aja mungkin uangnya engga ada, mau makan aja susah apalagi beli deodorant kaya gitu.. 

DEG! bener banget kata2 suamiku, saya yang asalnya sebel, langsung jadi malu sendiri..
bener deh ya, sebelum sebel sama orang lain, seharusnya kita tempatin dulu diri kita di posisi orang itu.. makasi yaa bapak yg bau ketek, dan terutama makasi ya pak suami yang selalu ngingetin saya kalo saya udah keterlaluaan.. ailopyuuu uhuuuy





3 comments:

  1. keringat berlebih memang memberikan efek yang baik dan tidak baik ya mbak,, yang baik berarti racun tubuh ikut keluar dan yang tidak baik berarti tidak memberikan manfaat bagi orang lain.. misalnya bau ketek.. :P

    ReplyDelete
  2. Wah, saya juga termasuk orang yang cukup sensi masalah beginian, apalagi kalo sudah di pasar :( tapi ya mau gimana lagi, kadang orang2 yang kayak gitu ternyata mereka memang sehari-harinya harus bekerja keras jadi yang namanya baupun uda ga peduli.
    Waktu itu OB di kantor saya juga kayak gitu, akhirnya kamipun menyiasati dengan pura-pura urunan beliin kemeja tapi sambil dihadiahi deodoran juga hehehe...

    Btw, salam kenal juga ya ^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...