Wednesday, 7 May 2014

reminder jiwa

hallooo..

pagi ini ada dua peristiwa yang bikin gw agak shocked..
ga tlalu shock banget sih.. tapi cuman ngerasa.. "ih" atau "loh" atau "hoo" gitu aja

yang pertama,
dari kecil, nyokap bokap walopun pendidikannya ga tinggi, bukan orang kaya pula
tapi slalu ngajarin untuk bilang maaf, tolong dan terima kasih..
dan semakin gede gw udah tlalu biasa mendengar 3 kata itu..
yang sekarang digadang-gadangkan orang supaya sering diucapkan..
nah, alkisah ada seseorang lah ya..
ini orang gw hormatin banget.. cuman.. ya itu dia.. dia anti banget ngucapin ke3 kata itu..
gw sih kadang2 maklum.. cuman gw geregetan kadang2..
cuman, kalo mau ngasih tau orang yg lebih tua kan rasanya gw songong banget tuh
tapi kadang2 kok ya ngeselin jadinya..
kaya contohnya pagi ini..
gw beliin bubur buat dia.. gw juga ga ngarep bakal disujud sembah atau gimana
a simple "thank's" is enough and polite.. menurut gw
tapi itu orang malah bilang.. "haduuh dibeliin bubur, jadi ribet kan gw bawa banyak barang"...
gw ga marah sih.. cuman elus-elus dada aja jadinya..huft huft huft..

yang kedua,
awalnya gw ga percaya kalo jabatan bisa merubah sikap dan perilaku seseorang,
gw mikirnya ya kalo orangnya baik ya ga mungkinlah dia bisa jadi jelek sifatnya pas megang jabatan..
tapi itu terjadi..
sama temen gw pula.. -___-"
pertama sih ada temen gw yg bilang kalo si anu kok skrg berubah yaa.. jadi agak judes gitu.. apa sombong
gw awalnya ga percaya pas temen gw bilang gitu.. dalam hati gw bilang "masaaa sih?"
nah, pas tadi pagi tiba2 gw ketemu ama temen gw yg dibicarain itu.. gw ajak ngobrol seperti biasa..
dengan anggapan gw.. gw masih temennya (bukan bawahannya)..
dan ga tau knapa ya, dia kok kaya agak jaga jarak gt ama gw..
trus ngomongnya agak formal.. daaaan.. amazing momentnya adalah pas turun lift..
dia turun ajaa loh.. ga ngmg apa2 sama gw, nengok aja enggak..
padahal dalam kode etik pertemanan atau dalam kode etik kesopanan secara umum aja deh, ketika lo kenal orang, dan lo satu lift ama orang itu.. ketika lo turun duluan, lo akan bilang "yuk duluan" atau ngangguk aja ketika lo ga begitu kenal ama orang itu...
makanya ketika si temen gw itu turun gt aja.. gw agak shocked sih..
dan sempet ngerasa malu sama rendah diri aja loh jadinya..
wak wak banget deh..


nah, trus gw jadi berpikir..
yang pertama, menurut gw ucapan maaf tolong terimakasih itu perlu"
terutama terima kasih ya dalam konteks ini..
knapa perlu.. menurut gw karena dengan bilang makasih ini, kita jadi bersyukur
bersyukur sama tuhan karena udah ngasih rejeki
yang mana rejeki itu ga langsung ke kita tapi lewat orang lain
tapi mau lewat manapun juga toh ujung2nya buat kita kan..
selain itu, ucapan terimakasih juga artinya kita menghargai orang lain..
percaya deh.. orang yang dibilang makasih itu, bakal lebih banyak melakukan sesuatu buat lo
ketimbang lo ga bilang..
ini berlaku juga buat maaf dan tolong..
nah, cuman buat kasus gw diatas.. yang mana orangnya juga bakalan ngeyel kalo dibilangin
dan daripada jadi brantem gara2 gw songong (yg mana menurut gw sih enggak lah yaw)
ujung2nya yg dibutuhkan adalah kesabaran gw.. dan keikhlasan.. yang mana ini blun otomatis gw lakukan
gw masih harus merenung dulu buat melakukan ini.. tapi gw bisa dan pasti gw lakukan..

nah yang kedua,
menurut gw, pertemanan itu mestinya masih bisa dilakukan
tapi dengan catatan untuk gw sendiri.. yaitu milih-milih sikon
dengan contoh, jika temen gw itu ingin dihormati karena dia memegang jabatan
baiklah gw akan menghormati dia dengan sewajarnya..
sewajarnya kenapa.. yah kan dia masih orang toh, bukan tuhan?
tapi ini juga jadi reminder gw sih..
in case gw dikasi kepercayaan sama tuhan untuk bisa jadi kaya temen gw itu
gw mesti inget kalo semua orang itu adalah sama
terutama untuk yg dibawah kita.. mau usia atau kemampuan ekonomi..
semua mesti dihargain.. semua mesti diperlakukan dengan baik..
karena kebaikan pasti akan mendatangkan kebaikan buat kita juga nantinya..

soo.. well done kan smua..
inti yg gw dapet pagi ini cukup jadi reminder buat gw untuk lebih mawas diri..
terimakasih tuhan dan dua orang diatas.. semoga gw menjadi pribadi yang lebih baik lagi..
amin ^_^

selamat bekerjaaa yaaa teman-teman sekalian!



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...