Tuesday, 31 May 2011

restrukturisasi dan revitalisasi BUMN

good morning mate,
mumpung lagi ngerjain restrukturisasi BUMN
ada baeknya ya aku share sedikit ttg restrukturisasi ini..

APA SICH RESTRUKTURISASI ituuu?
Restrukturisasi merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka penyehatan BUMN yang merupakan salah satu langkah strategis untuk memperbaiki kondisi internal perusahaan guna memperbaiki kinerja dan meningkatkan nilai perusahaan yang dilaksanakan dengan tetap memperhatikan biaya dan manfaat yang diperoleh (vide Pasal 72 UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN)

SIAPA YANG MELAKUKAN TUGAS UNTUK RESTRUK ITU?
PT PPA (Persero) untuk memperoleh penugasan untuk melakukan Restrukturisasi dan/atau Revitalisasi BUMN sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2008 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) Di Bidang Pengelolaan Aset

APA TUJUAN RESTRUK ITU?
Tujuan Restrukturisasi/Revitalisasi adalah untuk meningkatkan kinerja dan nilai BUMN secara sustainable jangka panjang dengan memperhatikan aspek komersial dan kesinambungan BUMN tersebut.

BAGAIMANA PELAKSANAAN RESTRUK ITU?
Pelaksanaan R/R BUMN dilakukan berdasarkan penetapan oleh Menteri Negara BUMN setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan, dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Negara BUMN (“Permenneg”) Nomor 01/MBU/2009 tentang Pedoman  Restrukturisasi dan Revitalisasi BUMN oleh PT PPA.


MEKANISME PENGAJUAN RESTRUK:

  1. BUMN mengajukan usulan restrukturisasi dan/atau revitalisasi kepada Menteri Negara BUMN yang dilengkapi dengan Surat Pernyataan Kesanggupan yang ditujukan kepada PT PPA.
  2. Menteri Negara BUMN menugaskan PT PPA untuk melakukan kajian/uji tuntas kelayakan restrukturisasi dan/atau revitalisasi BUMN.
  3. PT PPA menyampaikan hasil kajian restrukturisasi dan/atau revitalisasi kepada Menteri Negara BUMN.
  4. Menteri Negara BUMN menyampaikan hasil kajian kepada Komite Restrukturisasi dan/atau Revitalisasi BUMN untuk dievaluasi.
  5. Hasil evaluasi dari Komite Restrukturisasi dan/atau Revitalisasi BUMN disampaikan kembali kepada Menteri Negara BUMN.
  6. Menteri Negara BUMN menyampaikan hasil evaluasi dari Komite Restrukturisasi dan/atau Revitalisasi BUMN kepada Menteri Keuangan untuk mendapat persetujuan.
  7. Berdasarkan persetujuan menteri Keuangan, Menteri Negara BUMN menugaskan PT PPA untuk melaksanakan restrukturisasi dan/atau revitalisasi BUMN.
  8. PT PPA dan BUMN yang di-restrukturisasi dan/atau revitalisasi menandatangani perjanjian restrukturisasi dan/atau revitalisasi.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...