Saturday, 30 April 2011

daleman seskoad

kalo ada yang mau liat gedungnyaa..
ini foto2 dari mbak fitri yang nikah si seskoad..
cuman sayangnyaa.. aku lupaa alamat webnya si mbak..
maap ya mbak..
nanti aku cari lg deh...


entrance

pelaminan model padang

the catering's

sisi gedung bagian samping


aula pusat SESKOAD
kalo gedung nikahnya yg di samping aula ini



Tuesday, 5 April 2011

waspada asam urat

hwaduuuuuuuuuuhhh...pagi2 baca twitter udaH ga ngenakin bgt
si pacar masuk UGD tp gw tau dr twitter..alesannya kasian mau bangunin gw pasti masih tidur
huhuhuhuuuu
ternyata dr kmrn minggu si cony ngeluh2 sakit kaki tuh adalah asam uraat..no wonder sih
abisan dia seneng bgt makan jeroan, telur, soft drink..dll

heuu..jd agak2 was-was bgt nih
udah alert bgt nih
makanya jd search ttg asam urat.. so far ini info yg aku dapet:



asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.
Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.
Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.
Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat diobati sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukan asam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung purin.


Asam Urat adalah Hasil Katabolisme Purin
kristal urat
Apa sih maksudnya? Asam urat (uric acid-dalam bahasa Inggris) adalah hasil akhir dari katabolisme (pemecahan) purin. Purin adalah salah satu kelompok struktur kimia pembentuk DNA. Yang termasuk kelompok purin adalah Adenosin dan Guanosin. Saat DNA dihancurkan, purin pun akan dikatabolisme. Hasil buangannya berupa Asam urat. (1)

Purin termasuk komponen non-esensial bagi tubuh, artinya purin dapat diproduksi oleh tubuh sendiri. Apabila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, maka purin tersebut akan langsung dikatabolisme oleh usus.(1) Urat (bentuk ion dari asam urat), hanya dihasilkan oleh jaringan tubuh yang mengandung xantin oxidase, yaitu terutama di hati dan usus. Produksi urat bervariasi tergantung konsumsi makanan mengandung purin, kecepatan pembentukan, biosintesis dan penghancuran purin di tubuh. Normalnya, 2/3 -3/4 urat di ekskresi (dibuang-red) oleh ginjal melalui urin. Sisanya memlalui saluran cerna.(2) Berarti semakin banyak makanan yang mengandung tinggi purin di konsumsi makan makin tinggi kadar asam urat yang diserap.

Sifat Kimia Asam Urat

Proses metabolisme purin

DNA secara skematis
Asam urat merupakan asam lemah dengan pKa 5,75. Urat cenderung berada di cairan plasma ekstraselular dan cairan synovial (cairan sendi-red). Sekitar 98% urat membentuk monosodium urat pada pH 7.4. Monosodium urat mudah disaring dari plasma.(2)

Plasma terlarut monosodium urat pada konsentrasi 6,8 mg/dl pada 37oC. Pada kadar asam urat yang lebih tinggi, plasma menjadi jenuh dan potensial mengendap membentuk kristal urat. Akan tetapi, kadang-kadang pengendapan ini tidak terjadi meskipun kadar asam urat tinggi, hal ini kemungkinan karena adanya suatu zat pelarut dalam plasma.(2)

Asam urat lebih larut di urin daripada di air biasa, ini karena adanya urea, protein dan mukopolisakarida di urin. pH urin sangat berpengaruh pada kelarutannya. Pada pH 5.0, urine mampu melarutkan asam urat dengan kadar antara 6-15 mg/dl. Pada pH 7.0, kelarutannya meningkat, bisa melarutkan asam urat antara 158 sampai 200 mg/dl. Bentuk ionisasi urat di urin dapat berupa mono- dan disodium, kalium, ammonium, dan calcium urat.(2)

Kadar urat di darah tergantung usia dan jenis kelamin. Umunya, anak-anak memiliki kadar asam urat antara 3,0-4,0 mg/dl. Kadar ini akan meningkat dengan bertambahnya usia dan menurun saat menopause. Rata-rata kadar asam urat pada laki-laki dewasa dan wanita premenopause sekitar 6.8 dan 6,0 mg/dl. Kadar asam urat pada orang dewasa cenderung meningkat dengan bertambahnya usia, berat badan, tekanan darah, konsumsi alcohol dan gangguan fungsi ginjal. (2)


Seseorang dikatakan mengalami gangguan asam urat (gout) bila kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal (diatas 7 mg%). Penaykit ini ditandai dengan pembengkakan di sendi-sendi lutut dan jari-jari yang disertai rasa nyeri. Hal ini terjadi karena bertumpuknya kristal-kristal asam rat dari hasil metabolisme bahan pangan yang mengandung purin.

Ginjal adalah organ yang mengatur kestabilan kadar asam urat dalam tubuh dan akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni. Namun jika kadar asam urat itu berlebihan, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu akan menumpuk pada jaringan dan sendi. Otomatis, ginjal juga akan mengalami gangguan. Kandungan asam urat yang tinggi menyebakan nyeri dan sakit dipersedian yang amat sangat, jika sudah sangat parah, penderita bisa tidak bisa jalan.

Kadar asam urat sangat berhubungan erat dengan makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, pengaturan pola makan sangat diperlukan.

Hindari konsumsi bahan pangan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti:

-minuman fermentasi dan mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, dan tuak.
-udang, remis, tiram, kepiting, kerang
-berbagai jenis makanan kaleng seperti sarden,kornet sapi
-Berbagai jeroan seperti hati, ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus,
-buah-buahan tertentu seperti durian, alpokat dan es kelapa.
Beberapa prinsip diet yang harus dipatuhi oleh penderita asam urat:

1. Membatasi asupan purin atau rendah purin
Pada diet normal, asupan purin biasanya mencapai 600-1.000 mg per hari. Namun, penderita asam urat harus membatasinya menjadi 120-150 mg per hari. Purin merupakan salah satu bagian dari protein. Membatasi asupan purin berarti juga mengurangi konsumsi makanan yang berprotein tinggi. Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita asam urat sekitar 50-70 gram bahan mentah per hari atau 0,8-1 gram/kg berat badan/hari.

2. Asupan energi sesuai dengan kebutuhan
Jumlah asupan energi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi badan dan berat badan.

3. Mengonsumsi lebih banyak karbohidrat
Jenis karbohidrat yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat adalah karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti, dan ubi. Karbohidrat kompleks ini sebaiknya dikonsumsi tidak kurang dari 100 gram per hari, yaitu sekitar 65-75% dari kebutuhan energi total. Sedangkan karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup sebaiknya dihindari karena akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

4. Mengurangi konsumsi lemak
Lemak bisa menghambat eksresi asam urat melalui urine. Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti jeroan, seafood, makanan yang digoreng, makanan bersantan, margarin, mentega, avokad, dan durian sebaiknya dihindari. Konsumsi lemak sebaiknya hanya 10-15% dari kebutuhan energi total.

5. Mengonsumsi banyak cairan
Penderita rematik dan asam urat disarankan untuk mengonsumsi cairan minimum 2,5 liter atau 10 gelas sehari. Cairan ini bisa diperoleh dari air putih, teh, kopi, cairan dari buah-buahan yang mengandung banyak air seperti apel, pir, jeruk, semangkan, melon, blewah, dan belimbing.

6. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
Alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini bisa menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Karena itu, orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

7. Mengonsumsi cukup vitamin dan mineral
Konsumsi vitamin dan mineral yang cukup, sesuai dengan kebutuhan tubuh akan dapat mempertahankan kondisi kesehatan yang baik.

8. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran untuk menjaga ketahanan tubuh terhadap infeksi yang lebih parah. Buah dan sayuran untuk mengobati gangguan asam urat, antara lain buah naga, nanas, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai, dan tomat.

Berikut adalah resep jus nanas dan jus sirsak yang bermanfaat untuk penderita asam urat:


Jus Nanas
• 1/2 buah nanas, potong-potong
• 2 iris melon, korek bulat dengan sendok cocktail
• 1 gelas es serut

Cara Membuat:
• Blender halus nanas, tambahkan melon.
• Segera sajikan didalam gelas berisi es serut (untuk 2 gelas).


Jus Sirsak

300 gr sirsak, buang bijinya
250 gr melon
1 sdm air jeruk nipis (bila suka)
es batu secukupnya

Cara Membuat:

Blender sirsak bersama melon hingga halus, tambahkan air jeruk nipis.
Tuangkan ke dalam gelas dan beri es batu secukupnya. Segera sajikan. (untuk 3 gelas)

Perhatikan, sari buah bukanlah "penertralisir" setelah anda makan jeroan, selalu usahakan hindari makanan pantangan untuk asam urat bila Anda sudah mulai merasakan gejalanya. (Erabaru/yqm)

Sumber :
http://erabaru.net/featured-news/48-hot-update/11664-mengobati-penyakit-asam-urat-secara-alamiah
22 Maret 2010

Sumber Gambar:
http://tykhaamrah.files.wordpress.com/2010/05/soursop_drink.jpg
http://www.whatzups.com/account/1-BuahSirsak2.jpg
http://elmudunya.files.wordpress.com/2010/06/1asamurat.jpg

Murray, R; Granner, D; Mayes, P; Rodwell, V. 2003. Harper’s Illustrated Biochemistry, Twenty-Sixth Edition. In Rodwell, V. metabolism of purine & pyrimidine nucleotides. New York. McGraw-Hill Companies. p293-302
Kasper, D; Braunwald, E; Fauci, A; Hauser, S ;Longo, D; Jameson, L. 2004. Harrison’s Principles of Internal Medicine 16th Edition. In Wortmann, R. disorder of purine and pyrimidine metabolism. New York. McGraw-Hill Professional.



Sumber :

http://mha5an.wordpress.com/2008/10/16/asal-usul-asam-urat/
http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/64-asam-urat.html
http://www.crscientific.com/5-minute-foodcolor-1.7-veg-fiber-400x-2.jpg
http://cegahasamurat.blogspot.com/


wedding organizer : test food



Aku ama mama diundang buat test food ama mbak merry
ke undangan yg di WO-in ama mbak merry

Wkt itu undangannya di maximo puri cipaganti..
(Ternyata gedung puri cipaganti tuh mungil bgt ya
Trus naek pula ke atas...capeee...hihihi)

Kata mbak merry, ini undangan pake paket yg simple package
Percaya ga percaya all in 40 jt aja...


Pas dateng, lg pas bgt upacara penyambutan penganten..
Ih kaget ada aer mancuur petasan apa ya itu namanya
Cuman ngasi efek bagus bgt pas penganten sampe di pelaminan..

Pertama diliat lgsg kebaya ama make up penganten cewe
Baguuus... kebayanya warna ijo cantik.. trus makeupnya soft ga menor
Cantikk deh.. padahal kayanya pengantennya biasa aja mukanya
Tp jd cantik deh *sotoymodeON

Trus pelaminan minimalis..
Kalo aku sih suka ama pelaminan minimalis
Cuman mamaku sukanya gebyok
Dan boo! Gebyok tuh mahal bgt
Kalo bukan pake paket yg elegant mesti nambahdr  3,5 – 8,5 juta
Itu udah dapet full gebyok yg pake tirai aer plus bunga gantung
Cantiik bgt sih..tradisional bgt..trus megah

Untungnya pake paket yg elegant itu..jd gratiss..hahaha
Horeeee

Terus.. makanan buffet so far enaaak..
Cuman aku lg diet jd ga boleh maem banyak2.. hihii
Gubukan juga oke..

Jd gini kesimpulan yg undangan ini:
·         Paket simpel
·         Tema hijau gold
·         Pelaminan minimalis : kursi putih serasi dengan bunga2 dan dekorasi
·         Dekorasi gedung minimal (kata si mbak mery gara2 paket yg simple ini..jd yaa dekorasi ikutan simple,,,hihihi)
·         Makanan : buffet lumayan enak.. nasi, daging sapi lada hitam, ayam saos mentega, capcay special, sup iga palembang, kerupuk, air mineral
·         Stand 3 berat 2 ringan: bakso malang, aneka pasta, sate lontong, es krim (enaak es krimnyaa), plus aneka puding dan buah potong
·         Suvenir: ga termasuk paket.. dapet cermin yg ada sisirnya gt

Kalo dr contekannya mbak merry, simple package tuh terdiri dari:
1.       Catering 600 porsi (paket A @30rb)
2.       Rias pengantin lengkap
3.      Baju pengantin 2x ganti
4.      Rias dan baju ortu 2 pasang
5.      Rias pagar ayu 4, pagar bagus 4
6.      Perawatab 1x
7.      Upacara adat
8.      Foto 2 album standar
9.      Video liputan 2 dvd
10.   Mc keseluruhan
11.    Hiburan (elektoon)
12.    Dekorasi lengkap.
13.   Pelaminan minimalis (lebar sesuai gedung)

Yg menyenangkan plus ga enak hatii.. hahaha
Pas pulang, mbak merry ngasih 2 kantong bungkusan gt
Isinya makanan buffet..
Banyaak bgt gt
Katanya soalnya papa ama bangcon blun ikutan tes food
Jd biar mereka nyobain gt...

Baek bgt yaa si mbak ini...

Semogaa kawinanku dilancarkan ya allah.. amiiiiiiin ^_^



Monday, 4 April 2011

what a hectic weekend

kmrn ini tuh salah satu sahabat kita, lutfi alias UPI nikah, ini dikawinannya

agung dan cony

aku dan cony


chika dan agung




chika, mbak ia, aku

agung, chika, ia













si coklat anjing, baik hati


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...